Friday, January 11, 2008

“nothing’s gonna change my world”
Across the Universe – Viona Apple

Gue ya gue. Nggak akan berubah jadi orang lain atau bahkan berubah jadi pot kembang.
Yah itulah gue. Udah dipindah ke negara antah berantah tetep aja dianggap nggak waras. Kalo echy, temen gue yang udah di Indonesia (hai chy!), selalu nanya “Udah waras blom lu choy?” Hmm dia cuman basa-basi aja sebenernya. Dia tau betul gimana keadaan gue. Soalnya kalo lagi ngomong gitu, biasanya gue lagi jongkok di pinggir jamban sambil bengong.


Sekarang, gue lagi ada dikamar merenungi nasip. Kenapa sih gue nggak bisa sedikitpun berubah. Nggak mau ngerubah bahasa dari bahasa purba ke bahasa inggris, eventhough itu sama anak-anak Indonesia yang udah lama sampe jenggotan di USA. Nggak mau berubah tampang jadi bule kaya anak Indonesia disini, ini serius, kebanyakan mereka yang udah lahir disini tiba-tiba mukanya berubah jadi asing, nggak jelas juga orang apa tapi bukan kaya orang Indonesia. Gue juga pengen berubah muka. Muka gue yang sekarang kayanya kurang oke. Yah kalo itu sih bukan karena gue nggak mau berubah. Tapi karena nasip.


Besok, gue mau ke tempat dimana gue bisa liat the real amerika. Tadinya niat cabut ke NY sore ini, tapi bokap bilang mending berangkat besok pagi-pagi aja sebelom subuh. Ok baiklah. Malem ini masih bisa YMan sama mantan selingkuhan, si rangga. Hehe (hai ngga!). Tumben-tumbenan dia OL sampe 23 jam. Dasar anak pejaten. Maen mulu. (halah kaya gue enggak aje). Untung rame juga ni malem, ada sahabat bodoh gue juga yang seharusnya dia blom bisa dilepas dari ragunan khusus orang-orang bodoh. Jibon (hai juga bon!). Oh iya di Indonesia tuh ragunan bukan cuman tempat gorilla. Hebat kan.


Anyway, pas bangun jam 3 pagi. Senangnya dua orang paling hebat dibumi masih online. Kayanya blom pada sign out dari semalem. Wew bertahan lama nih tumben-tumbenan. Jadi asoy nih sebelom brangkat bisa ngobrol dulu. Sayangnya si rangga stepped out jadi cuman bisa ngobrol sama si bego. Kangen kalian nih! Serius kangen. Susah diungkapkan. Kadang-kadang karena terlalu jenuh gue suka meraung-raung sendirian. Jibon, endrika, rangga, nindyo, tio, yeri, ghom, srie, ikhwan, kiwil, dicky, oryza, ipay, pandu, smua. Kayanya baru kemaren gue main dirumah nindyo bikin film bareng. Tau-taunya udah 6 bulan aja gue disini. Ada saat dimana gue merasa sendiri. Tapi dengan sekuat tenaga, gue pasti akan berusaha buat keep contact.


Ah sudahlah.


Waktu sudah menunjukkan pukul 6, biasalah orang Indonesia. Ngaretnya sejam, gue udah pamitan di YM sama Jibon dari sejam yang lalu. Sekarang gue masih bengong dibawah nunggu masyarakat rumah turun. Ada yang bilang NY bakalan salju. Emak gue ribetnya setengah mati. Bawa jaket mba! Bawa scarf mba! Bawa kaos kaki! Bawa sarung tangan! Rasanya gue pengen bawa genteng rumah skalian. Om rachmat dan keluarga telah tiba. GUE HARUS NGOMONG PAKE BAHASA INGGRIS ALL THE TIME!! Tiffany, anaknya om rachmat, temen bokap gue, selalu pake bahasa inggris sehari-hari. Kalo ngomong pake bahasa Indonesia logatnya kaya bule baru diajarin ngomong bahasa batak.


Tiffany!

Apha kakh..

Nothing I just wanna ask you, did you understand what I said?

Hmm, not at all. But a little bit.

(Ok aman. Gue agak pusing juga kalo harus terus-terusan mikir bahasa sempak ini all the time.)
Syekharang akhu udhah mulhay banyhak ngherti kokh kakh.

Oh that’s great, I’ll learn English from you too.

You already know English!

(Actually gue lebih mahir bahasa keset, mungkin)


On the road, baru bangun dan mendapati mobil lagi lewat toll Delaware. Nggak tau juga sebelomnya lewat apaan aja. Jembatannya nggak abis-abis. Untuk menuju NY emang banyak nglewatin laut. Apalagi situasi mendukung, pas gue liat disebelah gue lagi ada cumi lagi menganga. Ines, ade gue, kalo jalan itu lebih banyak tidurnya daripada idupnya. Mungkin itu kebiasaan species cumi. Gue sih maklum.


Gue mulai kangen sama masyarakat Indonesia. Baliklah gue nyalain YM lagi di hape. Ngobrol sama dilla, rangga, sama temen-temen fs juga beberapa. Si dilla pake minta fotoin pengamen yang pake jas sgala. Wah sayangnya gue nemunya spiderman pas di pinggir jalan. Disangkanya gue anak esde kali ya. Gue kan kadang-kadang ga sadar apa yang gue lakukan. Tau-taunya gue melongoin tuh spiderman butut yang jaringnya udah rusak keluar-keluar. Diseret-seret lah gue dipaksa poto bareng. Gue terpaksa bilang.


“Hey bokap gue juga bisa naek tembok. Foto sama bokap gua aja lah, tolol!”
Kalo kata ines malah dalemnya kakek-kakek yang gendut dan udah mo mati. Bukan gue loh yang ngomong. Si cumi. Dosa gue udah banyak. Nambah-nambahin aja.


New York emang keren walaupun sial tetep mengarungi jalan hidup gue.


Case 1- Bokap: Mba kita lewat tunnel loh! Lewat bawah laut nih!
Echy: Wah hebat! Foto! Foto!

Case 2- Bokap: Tunnel lagi nih!
Echy: NY keren banget dah emang! (norak)

Case 3- Bokap: Yah lewat tunnel lagi nih salah nih nyasar kayanya
Echy: (Diem, menyadari kesialan)

Case 4- Bokap: Kok tunnel mulu si didepan nih nggak abis-abis.
Ines: Coba tembok kanan kiri kaca jadi bisa liat hiu sama cumi.
Echy: (ines pasti koslet)

Case 5- Tunnel kelima nggak ada yang komentar. Tifanny udah nyender. Pegel. Mas Candra juga pegel. Tapi kayanya kalo dia mah abis angkut beras 2 hari yang lalu. Ines juga pegel. Kalo dia sih mikir. Dari jaman esde dia nggak tau cumi bentuknya kaya gimana. Selama ini dia monyong-monyong sama gerakin tentakel tuh sebetulnya dia gerakin gurita. Bukan cumi. Begonya smua orang percaya. Termasuk gue. Kenapa sih dia demen banget sama cumi.
Gue juga menyadari ternyata folder foto keluarga dia namain cumi. Dan dia mengaku itu adalah atas kesepakatan bersama.


Ines: aku bukannya udah bilang.

Echy: belom

Ines: oh waktu itu mba dibelakang aku trus aku bilang, “mba ini nama foldernya cumi aja
hyahahahaheeha. Tapi mba nya sepertinya tidak dengar.

Echy: itu bukan kesepakatan bersama bodoh.

Udah ah udah mo skola…dadah

No comments: